feb

Akreditasi Prodi EP

MENDALO– Prodi Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi (UNJA) meraih akreditasi A yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Pencapaian ini di raih atas kerjasama berbagai pihak yang saling berkerjasama sehingga bahu membahu mensukseskan proses Akreditasi EP. Selain itu, pencapaian ini memberikan kesempatan, peluang sekaligus tantangan bagi mahasiswa dan Dosen mampu bersaing dengan perguruan tinggi yang lainny.

Menurut Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan didampingi Kepala Bagian Humas Unja Akbar Kurnia Putra di Jambi harapannya pencapaian Prodi Ekonomi Pembangunan yang berhasil meraih akreditasi A BAN-PT dapat menjadi motivasi bagi prodi lainnya untuk menyusul meraih akreditasi A.

Hasil Akreditasi A bagi prodi ekonomi pembangunan FEB tersebut, berdasarkan SK Nomor 1543/SK/BAN PT/Akred/V/2017 tertanggal 23 Mei 2017. Hasil penilaian menunjukkan angka total 361 atau masuk ke akreditasi A. Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNJA, Drs.H.Amril.,ME menyatakan bahwa pencapaian akreditasi A dari prodi Ekonomi Pembangunan (EP) itu dilalui setelah melalui tahapan-tahapan. Salah satunya adalah dalam peningkatan layanan perkuliahan, manajemen, infrastruktur, laboratorium serta komposisi guru besar dan tenaga dosen. Selanjutnya Dekan FEB UNJA mengharapkan bahwa pencapaian ini diharapkan memotivasi prodi yang bersangkutan untuk mempertahankan kinerja, dan juga memacu yang lainnya untuk menyusul mendapatkan akreditasi A. Beliau juga menyebutkan, di FEB UNJA itu terdapat empat jurusan. Selain jurusan Ekonomi Studi Pembangunan juga jurusan manajemen, akuntansi dan Ekonomi Islam. Untuk jurusan manajemen dan akuntansi saat ini berakreditasi B, sedangkan untuk jurusan ekonomi Islam tengah didorong untuk mendapatkan akreditasi B.

Kesuksesan bagi prodi yang dapat memperoleh pencapaian akreditasi A, maka berdasarkan janji Rektor Universitas Jambi sebagai pimpinan Universitas Jambi memberikan penghargaan menarik bagi dekan dan kepala program studi yakni berangkat umroh ke Tanah Suci Mekah.

Sementara itu Rektor Unja Prof Johni Najwan menyebutkan tahun 2017 merupakan tahun kompetisi, prestasi dan promosi yang diharapkan bisa memacu civitas akademika untuk meningkatkan kinerja dan karya. Selain itu pihaknya juga mendorong penambahan guru besar atau profesor serta memperbanyak jurnal ilmiah yang dipublikan di jurnal internasional.

Setelah memperoleh akreditasi A, prodi ekonomi pembangunan yang saat ini di ketuai oleh Dr. Junaidi.,SE.,M.Si bersama-sama untuk meningkatkan kualitas SDM Dosen dan Mahasiswa. Target selanjutnya, Prodi Ekonomi pemabangunan kedepannya akan menuju Akreditasi Internasional bersama dengan prodi yang memiliki Akreditasi A di UNJA seperti Prodi Hukum, Kimia dan PGSD.

Berkas Akreditasi

Legalisir Periode 15 Juni 2012 15 Juni 2017

Legalisir Periode 23 Mei 2017 23 Mei 2022

Periode 15 Juni 2012 15 Juni 2017

Periode 23 Mei 2017 23 Mei 2022

Tags: No tags

10 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *